Mengasah Kemampuan Menulis

“Ingin rasanya menghasilkan tulisan-tulisan keren, tapi mengapa otak saya sulit bekerja?”

Memang sulit menghasilkan karya yang baik hanya dalam sekali mencoba. Untuk itu diperlukan sebuah latihan. Contohnya, menulis. Maka tulisan ini hadir untuk memberi tips sekaligus motivasi kepada anda.

Menulis secara teratur akan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis. Meskipun yang ditulis adalah hal yang terbilang kurang perlu -tulisan abstrak atau curhatan-. Pada awalnya memang terlihat “tidak berguna” dan membuang buang waktu, tapi percayalah. Kebiasaan ini sedikit demi sedikit melatih kreatifitas dalam berpikir, dan membentuk kebiasaan menulis yang baik.

Otak kita memiliki 2 milyar saraf yang setiap sarafnya mampu mengingat sebanyak ribuan buku amat tebal. Luar biasa, bukan? Tapi mengapa kita hanya mampu mengingat sedikit hal? Mengapa lebih mudah mengingat hal-hal yang visual dibanding verbal?  Hal itu dikarenakan otak kita terbagi menjadi otak kiri dan otak kanan. Otak kanan bertugas untuk mengolah data berupa gambar, musik, emosi, dan lain sebagainya. Sedangkan otak kiri cenderung mengolah data berupa huruf, angka, bahasa, dan segala hal yang menurut saya “berat”.

Lalu? Apa hubungannya dengan menulis secara teratur?

Otak kiri kita bersifat short term memory, itulah mengapa rasanya sulit untuk mengingat pelajaran sekolah dalam waktu yang lama -berdasarkan pengalaman pribadi-. Namun, bukan tidak mungkin kita dapat memiliki ingatan yang kuat, mengingat kemampuan otak kita yang luarbiasa. Tahukah kalian, bahwa sel-sel di dalam otak lambat laun akan mati jika tidak pernah digunakan? Oleh karena itu, kita perlu melatih kemampuan ingatan secara kontinu agar kapabilitas dalam mengingat tidak menurun drastis. Dan faktanya, semakin tua usia seseorang, semakin banyak sel saraf yang mati, sehingga sewaktu kanak-kanak ingatan kita sangat kuat dibandingkan setelah saat tua.

Sama halnya dengan kemampuan mengingat, begitupun kreatifitas. Pekerjaan kreatif yang dikerjakan secara kontinu akan memberi hasil yang maksimal. Karna kreatifitas kita akan terus digali dan diasah sehingga menjadi tajam. Jika kita mengerjakan suatu pekerjaan kreatif hari ini, lalu tidak mengerjakannya esok hari, maka akan sulit bagi kita untuk memanggil sang kreatifitas itu kembali pada hari berikutnya.

Jika ada yang bertanya, mengapa saya menulis seperti ini? Itu karena teknik diatas. Mengasah otak untuk berpikir kreatif itu susah susah gampang. Susah saat memulai, gampang ketika sudah terbiasa. Semuanya tergantung pada diri sendiri. Kemampuan yang jarang dilatih tentu saja membuahkan ketidakmungkinan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Penulis Ernest Hemingway membiasakan diri menulis 500 kata setiap paginya.

Perhatikan bagian ini baik-baik.

Jangan pernah menunggu mood ataupun suasana yang mendukung untuk memulai.

Percayalah, akan sangat sulit menemukan mood tersebut. Sehingga butuh waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah tulisan. Seorang ulama besar menghasilkan karya terbaiknya ketika sedang dalam tekanan. Ya. Buya Hamka.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya, perbanyak membaca. Tidak ada hal yang sia-sia dari membaca. Mengapa? Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita telah membuka jendela kita untuk bisa mengeksplorasi segala yang ada di luar sana. Para tokoh terkemuka pun tak luput dari dunia membaca. Sebut saja Soekarno, Tan Malaka, Moh. Hatta, dan masih banyak lagi

 “Selalu ada sesuatu dibalik sesuatu yang kita tidak akan pernah tau, kecuali dengan membaca” -Chacha, Dema Justisia UGM-

Jadi, biasakanlah menulis secara teratur, dan jangan lupa membaca. Ibarat menulis adalah sebuah kendaraan, maka membaca adalah bahan bakarnya.

Referensi:
99u. 2016. Manage Your Day to Day. Jakarta: PT. Mizan Publika
http://aquariusnote.com/4-tokoh-terkemuka-di-dunia-yang-gemar-membaca/ (accessed on June 12, 2017)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s